Jumat, 19 November 2010

NHK (日本放送協会, Nippon Hōsō Kyōkai)

NHK
(日本放送協会, Nippon Hōsō Kyōkai), atau Perusahaan Penyiaran Jepang adalah sebuah badan penyiaran umum di Jepang. Radio Tokyo adalah nama tidak resmi NHK, dan merujuk kepada asal-usulnya sebagai sebuah stasiun radio.

NHK saat ini mengendalikan dua jasa siaran televisi melalui pancaran darat (terrestrial), NHK General TV dan NHK Educational TV, tiga jasa siaran TV melalui satelit, NHK BS-1, NHK BS-2 dan NHK Hi-Vision (penyiaran definisi tinggi) dan tiga rangkaian radio, NHK Radio 1, NHK Radio 2 dan NHK FM. Untuk mereka yang berada di luar negari, NHK juga menyiarkan NHK World TV, NHK World Premium dan NHK World Radio NHK dimiliki oleh Sony Corporation, kelompok media yang memiliki Indosiar, SCTV, Metro TV, Trans 7, TBS, Fuji TV, Tokyo MX, TV Tokyo, TV Asahi dan Nippon Television.

Sejarah

NHK didirikan pada tahun 1926, berdasarkan model perusahaan radio Britania Raya, BBC. Sebuah jaringan radio kedua dimulai pada 1931 dan siaran gelombang pendek dipancarkan ke luar negeri pada tahun 1935.

Pada November 1941, Tentara Kekaisaran Jepang menasionalisasikan seluruh kantor berita umum dan mengkordinasikan usaha mereka melalui pembentukan Majelis Perhubungan Informasi Rahasia yang terdiri daripada wakil dari Angkatan Darat dan Laut, dan juga dari beberapa agensi pemerintah seperti Kementerian Luar, Kementerian Asia Timur Raya, Kementerian Transportasi, Biro Informasi Kabinet dan Kantor Berita Domei dan NHK. Setelah itu, segala media cetak dan penyiaran menjadi pengumuman resmi Markas Besar Tentara Kekaisaran Jepang di Tokyo selama berlangsungnya Perang Dunia II.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar